Sejarah MotoGP | MasPonBalap Berita MotoGP Terbaru dan Terupdate
           

Apps MotoGP

Home » » Sejarah MotoGP

Sejarah MotoGP

Hellooo, MasPon bawa berita nihh. . .


Kali ini MasPon akan membagikan artikel mengenai sejarah dimulainya era MotoGP itu sendiri. Di postingan sebelumnya sudah dibahas mengenai era GP 500cc dimana banyak pembalap - pembalap berskill di atas rata - rata mampu menggeber motor dan menjadikan mereka legenda untuk saat ini. Rekor masih dipegang Giacomo Agostini dengan 8 kali juara dunia di era GP 500cc. Untuk era MotoGP sendiri dipegang oleh Valentino Rossi dengan 7 kali juara dunia. 


MotoGp
MotoGp sendiri adalah lomba balap motor roda dua tertua dari semua perlombaan balap motor yang diadakan pada tahun 1949. GP 500, kelas yang menjadi puncak balap motor Grand Prix, telah berubah secara dramatis pada tahun 2002. Dari pertengahan tahun 1970-an sampai 2001 kelas puncak dari balap GP ini dibatasi 4 silinder dan kapasitas mesin 500 cc, baik jenis mesin 4 tak ataupun 2 tak. Akibatnya, yang mampu bertahan adalah mesin 2 tak, yang notabene menghasilkan tenaga dan akselerasi yang lebih besar. Pada tahun 2002 sampai 2006 untuk pertama kalinya pabrikan diizinkan untuk memperbesar kapasitas total mesin khusus untuk mesin 4 tak menjadi maksimum 990 cc, dan berubah menjadi 800 cc di musim 2007. Pabrikan juga diberi kebebasan untuk memilih jumlah silinder yang digunakan antara tiga sampai enam dengan batas berat tertentu. Dengan dibolehkannya motor 4 tak ber-cc besar tersebut, kelas GP 500 diubah namanya menjadi MotoGP. Setelah tahun 2003 tidak ada lagi mesin 2 tak yang turun di kelas MotoGP. Balap untuk kelas MotoGP saat ini diselenggarakan sebanyak 17 seri di 15 negara yang berbeda (Spanyol menggelar 3 seri balapan). 

Sirkuit Ricardo Tormo Valencia
Perubahan Regulasi
  • Pada tahun 2002, kelas 500 cc digantikan menjadi MotoGP, kapasitas motor yaitu 990 cc. Pada tahun ini pula lah Valentino Rossi beruntun menjadi juara dunia bersama tim Repsol Honda.

Rossi 2002
  • Pada tahun 2005, sebuah peraturan baru untuk MotoGP telah diberlakukan yaitu flag-to-flag. Sebelumnya, jika sebuah balapan dimulai dengan start dalam kondisi sirkuit kering dan hujan turun, pembalap terdepan dapat mengangkat tangan untuk menghentikan lomba, demikian juga dengan para ofisial mengibarkan bendera merah untuk menghentikan balapan, kemudian balapan dimulai lagi dengan menggunakan ban basah. Sekarang jika hujan turun saat balapan tidak ada lagi bendera merah, para pembalap langsung menuju pit untuk mengganti ban sesuai kebijakan tim.
  • Pada tahun 2007, kelas MotoGP diturunkan kapasitas mesinnya, menjadi 800 cc. Pembalap Casey Stoner menjadi juara dunia bersama tim Ducati Corse.

Stoner 2007
  • Pada tahun 2010, kelas MotoGP diberlakukan pembatasan mesin 6 mesin untuk 1 musim. Pembalap Jorge Lorenzo menjadi juara dunia bersama tim Yamaha Fiat.


Lorenzo 2010
  • Pada tahun 2012, kelas MotoGP dinaikkan kapasitas mesinnya, menjadi 1.000 cc.
  • Pada tahun 2012, kelas MotoGP diberlakukan regulasi CRT (Claiming Rule Team) yang memperbolehkan Tim (Kecuali Team Pabrikan) memakai mesin motor massal 1.000 cc disasis prototipe.
  • Pada tahun 2014, Kelas CRT di MotoGP diganti menjadi Open Class dan diterapkan sistem kualifikasi Knockout[1]. Pembalap Marc Marquez mengulangi tren juara dunia setelah di tahun 2013 menjadi juara dunia Rookie bersama tim Repsol Honda.

Marquez 2014
  • Pada tahun 2015 pergantian penggunaan ban dari Bridgestone ke Michelin.
  • Pada tahun 2016 semua tim MotoGP mulai dari Honda, Yamaha, Ducati dan yg lainnya akan menggunakan 1 ECU seragam buatan Magneti Marelli oleh Dorna. ECU seragam ini diharapkan dapat meningkatkan kompetisi yg lebih kompetitif dan merata untuk semua tim.

Last, itulah sejumput eh sedikit artikel mengenai sejarah era MotoGP. Butuh waktu lama untuk menjadikan olahraga balap motor ini menjadi terkenal seperti saat ini. Dimulai dari Leslie Graham, Mick Doohan, Giacomo Agostini,Valentino Rossi,Jorge Lorenzo sampai Mar Marquez menjadikan olahraga salah satu ini diminati banyak penggemar GP mania brosist. 

Monggo yang mau kritik, saran, ataupun comment saya terbuka. . .
Thank you for reading the article entitled Sejarah MotoGP

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    MasPonBalap Updated at: 17:21:00

0 komentar Sejarah MotoGP