Sejarah Yamaha Di Dunia Balap Motor | MasPonBalap Berita MotoGP Terbaru dan Terupdate
           

Apps MotoGP

Home » » Sejarah Yamaha Di Dunia Balap Motor

Sejarah Yamaha Di Dunia Balap Motor

Hellooo, MasPon bawa berita nihh. . .


Yamaha Semakin di Depan ! Siapa yang tak mengenal slogan tersebut ? Brosist disini tentunya enggak asing dengan kata -  kata yang sering disebutkan saat kuis MotoGp di salah satu stasiun tv. Belum lagi iklan yang dibawakan komedian Komeng dan Valentino Rossi menjadi duet iklan yang klop ya brosist hehehe.. Yees,,, 
Komeng dan Rossi iklan Yamaha

Pabrikan berlambang garpu tala yang sudah puluhan tahun berkecimpung mengikuti balapan roda dua tersebut merupakan salah satu dari beberapa merek motor superior di kancah MotoGP. Yamaha YZR500 adalah cikal bakal atau nenek moyangnya motor – motor yamaha yang sekarang sering brosist lihat di layar tv. Pada tahun 1974 Yamaha menciptakan YZR500 tersebut menjadi motor yang digunakan khusus untuk balap, padahal ditahun sebelumnya motor tersebut diproduksi massal dan dijual bebas.
Pada tahun sebelumnya ( tahun 1973 ) Yamaha bersama pembalapnya kala itu yang bernama Jarno Sarineen gagal mendulang juara dan hanya menjadi juara konstruktor. Pembalap yang berhasil membawa gelar juara dunia pada waktu itu dengan menunggangi YZR500 siapa lagi kalau bukan legenda pakdhe Giacomo Agostini di tahun 1975, yang sebelumnya sukses bersama MV Agusta-nya. Agostini merombak besar – besaran pada bagian dual shocbreaker dengan mengganti monoshock serta perubahan pada handling dan power motor tersebut. Hasilnya ? Binggo ! Menjadi satu – satunya pabrikan yang menjuarai Grandprix kelas premier brosist sekaligus mengakhiri dominasi MV Agusta. Good job pakdhe Agostini dan Yamaha. 
Agostini & YZR500 1975

Pembalap lainnya yang mampu menjadi juara dunia selain Agostini di tahun 1975 adalah Kenny Robert ( 1978, 1979,1980 ), Eddie Lawson ( 1984,1986, 1988 ), Wayne Rainey ( 1990, 1991, 1992 ). Dominasi YZR500 pun berakhir pada tahun 2002 lantaran perubahan regulasi ke 4 Tak 1000cc. Nama besar YZR500 pun berubah menjadi YZR M1.
Tentunya pabrikan sekelas dan sebesar Yamaha juga pernah mengalami periode buruk brosist. Pada tahun 1999 dengan Max Biaggi dan Carlos Checa menjadi pembalapnya mereka hanya mengkoleksi 9 kemenangan. Di tahun 2003 Carlos Checa bertandem bersama Marco Melandri bahkan tidak pernah mendapatkan podium brosist. Jiiaan brodoool tenan.. Barulah pada tahun 2004 sepertinya Tuhan menjawab doa para fans pabrikan tersebut. Valentino Rossi yang sebelumnya berada di pabrikan superior Honda memilih hengkang dan pindah ke pabrikan berlambang garpu tala tersebut. Keputusan yang membuat publik heran bin melongo brosist pada waktu itu, mengapa pembalap sekelas Rossi yang sudah mengantongi 3 gelar juara bersama Honda malah memilih pindah ke pabrikan yang puasa gelar sejak tahun 1992. Ajaibnya Rossi malah juara dunia di tahun tersebut brosist. 
Rossi 2004

Diteruskan 1 tahun setelahnya bertandem dengan Collin Edward mengumpulkan 11 kemenangan. Pada Tahun 2006 dan 2007 justru kembali puasa gelar dengan direbutnya gelar juara dunia oleh pabrikan Ducati dan Honda. Baru pada tahun 2008,2009,2010 Yamaha kembali berjaya dengan pembalapnya Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Dominasi duet kedua pembalap tersebut disebut sebut yang terbaik di pabrikan Yamaha. Pada tahun 2011,2012 formasi pembalap pabrikan tersebut berubah sepeninggal Rossi yang memilih hijrah ke Ducati. Lorenzo bertandem dengan Ben Spies dan berhasil memenangkan 1 gelar juara di tahun 2012. 
Lorenzo & Ben Spies

Kurang beruntungnya Rossi di pabrikan sebelah membuatnya kembali ke pangkuan pabrikan Yamaha di tahun2013 dengan berbekal pengalamannya bertahun – tahun di kelas MotoGP. Formasi Rossi Lorenzo pun diyakini akan kembali membuat pabrikan Yamaha mendominasi. Terbukti di tahun 2015 kemarin duet mereka kembali membawa gelar juara dunia bagi Jorge Lorenzo walaupun 2 musim sebelumnya didominasi oleh Marc Marquez.
Naah di tahun 2016 ini akan kita lihat bagaimana usaha pabrikan Yamaha mempertahankan mahkota gelar juara dunia pembalapnya. Pabrikan sekelas Yamaha bisa menjadi besar dan superior seperti ini tentunya sudah mengalami asam manis kejuaraan dunia balap motor ini brosist. Mulai dari pertama kali menjuarai grandprix sampai mengalami puasa gelar sangatlah cukup menjadikan pabrikan berlambang garpu tala tersebut tidak bisa dianggap remeh brosist.
Lorenzo win
Rossi win


Last, Monggo yang mau kasih kritik dan saran silahkan MasPon terbuka. . .
Thank you for reading the article entitled Sejarah Yamaha Di Dunia Balap Motor

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    MasPonBalap Updated at: 21:40:00

0 komentar Sejarah Yamaha Di Dunia Balap Motor