John Surtees Pemilik Gelar Juara Roda Dua dan Roda Empat | MasPonBalap Berita MotoGP Terbaru dan Terupdate
           

Apps MotoGP

Home » » John Surtees Pemilik Gelar Juara Roda Dua dan Roda Empat

John Surtees Pemilik Gelar Juara Roda Dua dan Roda Empat

Hellooo, MasPon bawa berita nihh. . . 
2. John Surtees ( Tahun 1956, 1958 - 1960 )


John Surtess lahir di Inggris11 Februari 1934, beliau adalah seorang pembalap Formula 1 dan MotoGP asal Inggris. Surtess sampai saat ini tercatat sebagai pembalap pertama dan satu-satunya yang mampu memenangi dua gelar dunia diajang yang berbeda, yaitu MotoGP (pada tahun 1956, dan 1958-60) serta Formula 1 (1964). Joos Pakdhe…
Di ajang MotoGP, Surtess sukses membukukan rekor 11 kali kemenangan beruntun antara GP Irlandia tahun 1958 sampai Tourist Trophy 1960.


Surtees adalah anak dari pemilik dealer sepeda motor. Ia memulai balapan pertamanya dalam kompetisi grasstrack. Pada tahun 1955, kepala pemilik Norton Joe Craig memberi kesempatan Surtees untuk naik pabrik disponsori oleh Norton.  Dia mengakhiri balapan pada tahun itu dengan mengalahkan juara dunia Duke di Silverstone dan kemudian di Brands Hatch. Namun, pabrikan Norton mengalami kesulitan dalam hal keuangan dan tidak pasti tentang rencana balap mereka, akhirnya Surtees menerima tawaran membalap untuk tim balap pabrik MV Agusta.
dikutip dari sumber wikipedia, dia adalah pembalap yang unik brosist. Satu – satunya pembalap yang berhasil memenangkan gelar juara dunia dari F1 dan GP. Mendapatkan gelar juara dunia GP pertama kali pada tahun 1956 dan kemudian dilanjutkan secara beruntun dari tahun 1958 – 1960. Untuk gelar F1 dia dapatkan pada tahun 1964 bersama tim Scuderia Ferrari.


Ketika Gilera dan Moto Guzzi ditarik keluar dari balap Grand Prix pada akhir tahun 1957, Surtees dan MV Agusta terus mendominasi persaingan di dua kelas yang lebih besar. Pada tahun 1958, 1959 dan 1960, ia memenangkan 32 dari 39 balapan dan menjadi orang pertama yang memenangkan TT Senior di Isle of Man TT tiga tahun berturut-turut.
Pada tahun 1960, pada usia 26, Surtees beralih dari sepeda motor ke ajang balap mobil formula 1, dan memulai debut balapnya di Grand Prix Monaco. Setelah menghabiskan musim 1961 dengan Tim Yeoman ia pindah ke Scuderia Ferrari pada tahun 1963 dan memenangkan Kejuaraan Dunia untuk tim Italia pada tahun 1964.Pada tanggal 25 September 1965, Surtees mengalami kecelakaan yang mengancam jiwa di Sirkuit Mosport Ontario, Kanada. namun berhasil selamat.
Di bawah aturan Le Mans pada tahun 1966 masing-masing mobil diizinkan hanya dua pembalap per mobil. Surtees dihilangkan dari line-up dan satu tim Ferrari itu diisi oleh Mike Parkes dan Ludovico Scarfiotti dan yang lainnya oleh Jean Guichet dan Lorenzo Bandini. Ketika Surtees mempertanyakan manajer tim Ferrari mengapa, sebagai pemimpin tim Ferrari, ia tidak akan diizinkan untuk bersaing, Dragoni mengatakan Surtees bahwa dia tidak fit untuk berkendara dalam lomba ketahanan 24 jam karena cedera. Alasan ini mengaku sangat menjengkelkan untuk Surtees, dan ia segera keluar dari tim. Surtees berkompetisi dengan T70 di perdana 1966 Can-Am musim, memenangkan tiga dari enam balapan dan menjadi juara.


Pada tahun 1970, Surtees membentuk tim balap sendiri,Surtees Racing Organisation, dan menghabiskan sembilan musim berlaga di Formula 5000, Formula 2 dan Formula 1 sebagai konstruktor. Dia pensiun dari balapan pada tahun 1972, tim itu akhirnya dibubarkan pada akhir 1978.
Untuk sementara pada tahun 1970-an Surtees mengelola sebuah toko sepeda motor di West Wickham, Kent dan Honda dealer mobil di Edenbridge, Kent. Dia melanjutkan keterlibatannya dalam dunia sepeda motor, berpartisipasi dalam acara klasik. Dia juga tetap terlibat dalam single-seater mobil balap dan memegang posisi ketua A1 Team Inggris, di seri balap Grand Prix A1 dari tahun 2005 sampai 2007. Anaknya, Henry Surtees berlaga di FIA Formula 2 Championship, Formula Renault UK Championship dan Formula kejuaraan BMW UK untuk Carlin Motorsport. Pada tahun 2003, Surtees dinobatkan menjadi Legenda balap.Pada tahun 2013 ia dianugerahi Segrave Trophy pengakuan dari beberapa kejuaraan dunia, dan menjadi satu-satunya orang untuk memenangkan gelar juara dunia pada 2 dan 4 roda.Pada 2015 ia dianugerahi gelar kehormatan (Doctor of Engineering) dari Oxford Brookes University.

Thank you for reading the article entitled John Surtees Pemilik Gelar Juara Roda Dua dan Roda Empat

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    MasPonBalap Updated at: 13:49:00

0 komentar John Surtees Pemilik Gelar Juara Roda Dua dan Roda Empat