Sejarah Honda di MotoGP | MasPonBalap Berita MotoGP Terbaru dan Terupdate
           

Apps MotoGP

Home » » Sejarah Honda di MotoGP

Sejarah Honda di MotoGP

Hellooo, MasPon bawa berita nihh. . . 


Honda ? siapa yang tak kenal pabrikan ini ? Mulai dari kakek nenek, bapak ibu, mbokde pakdhe, karyawan kantor, emak - emak mau kepasar, anak sekolah, hingga cabe – cabean pun sudah mengenal merk pabrikan tersebut. Bisa dibilang ini motor sejuta umat ya brosist :p Nah untuk kali ini kita akan membahas pabrikan berlambang sayap tersebut dari berbagai sumber yang ada terutama Honda Racing Corporate atau HRC dengan sejarahnya yang sudah puluhan tahun berkiprah di dunia balap motor MotoGP.

HRC sendiri mulai dibentuk pada tahun 1982, dengan motornya kala itu NR500 motor mesin 4 tak yang dikembangkan untuk bersaing dengan motor 2 tak. Mengawali debut di grandprix Inggris dengan pembalapnya Mick Grant dan Takazumi Katayama, justru gagal brosist karena keduanya sama – sama terjatuh. Proyek ini pun gagal total dan akhirnya Honda beralih mengembangkan motor 2 tak, NS500 dan NSR500.
Freddie 1983

NS500 berhasil menjuarai lewat pembalapnya Freddie Spencer dan menjadikan dia sebagai pembalap termuda di tahun 1983 dan kembali juara di tahun 1985. 
NSR500 sendiri satu – satunya motor 2 tak yang mendominasi sejarah MotoGP sampai pada akhirnya dihapus dan diganti ke 4 tak. Pada tahun 1990 – 1998 lewat Mick Doohan NSR500 menjadi legenda ditahun 1990an. Memenangkan 12 kali dari 15 race di tahun 1997, memecahkan record kemenangan terbanyak pada satu musim yang pernah ada sejak 1972. Sejarah mencatat NSR500 lewat Mick Doohan memberikan 54 total kemenangan dikelas 500cc, merupakan record yang tak terpatahkan oleh rider manapun dikelas 500cc.
Dominasi Doohan 5 musim berturut - turut

Pasca mundurnya Mick Doohan dari kancah motogp dikarenakan crash dahsyat di sirkuit Jerez, NSR500 masih bertaji hingga tahun 1999 lewat Alex  Criville Honda jadi juara dunia lagi. 
Dan tahun 2001 ditangan Valentino Rossi, NSR500 menutup sepak terjang dominasinya dikancah motogp 500cc setelah dihapusnya mesin 2 tak ( btw Rossi menjadi pembalap yang mampu menjadi juara dunia di satelit Honda lhooo... ). Penerusnya RC211V sebagai motor 4 tak keluaran baru di tahunnya juga mampu kembali menjadi juara dunia lewat Valentino Rossi selama 2 musim di tahun 2002 – 2003.
Rossi RC211V

Sepeninggal Rossi ke Yamaha, pabrikan Honda gagal menjaga tren juara dunia selama 2 musim berturut – turut. Hingga di tahun 2006 lewat pembalapnya Nicky Hayden mempersembahkan gelar juara kembali meskipun hanya meraih 2 kemenangan ( naaaah MasPon baru mulai nonton GP ini xixixixixii ). Dominasi Honda kembali muncul di tahun 2011 lewat Cassey Stoner yang sebelumnya menjadi pembalap Ducati selama 5 musim brosist.
Hayden juara dunia 2006

Stoner juara dunia 2011

Di tahun 2013 – 2014 bersama Marc Marquez dan Dani Pedrosa, Honda mengeluarkan RC213V berhasil menyabet gelar juara konstruktor dan bagi pembalapnya berhasil mencetak rekor menjadi rookie pembalap termuda menggantikan Freddie Spencer.  
Marquez juara dunia 2013

Sejarah HRC sendiri tidak bisa lepas juga dari kerjasama mereka bersama raksasa minyak oli Repsol. Selalu tampil dengan warna khas orange sejak tahun 1995 menjadikan nama Repsol Honda salah satu tag tim paling bersejarah di MotoGP. Kesuksesan di arena balap sangat berpengaruh mendongkrak di sisi bisnis. Sama – sama saling menguntungkan brosist. Honda diuntungkan dalam penjualan motor karena sering menang, Repsol mengukuhkan diri menjadi oli motor nomer 1 di dunia.
Dani Pedrosa & Marc Marquez Repsol Honda Team


Last, Monggo yang mau kasih kritik dan saran silahkan MasPon terbuka. . .
Thank you for reading the article entitled Sejarah Honda di MotoGP

                                    Forum Blogger Indonesia                               
    MasPonBalap Updated at: 18:19:00

0 komentar Sejarah Honda di MotoGP